Halaman

Selasa, 12 Januari 2016

Cara Pindah KTP Daerah dan Membuat KTP DKI Jakarta



Alhamdulillah, setelah hidup sekian lama di Jakarta, akhirnya Akang punya KTP DKI Jakarta. Dari sejak mulai punya KTP sampai sekarang, alamat KTP saya memang tidak pernah berubah, jadi ini pertama kalinya punya KTP dengan alamat yang berbeda.

Tadinya tidak terlalu ngebet punya KTP Jakarta, maklum awalnya, tidak punya rencana untuk tinggal di Jakarta terlalu lama, karena bagi orang yang terbiasa di daerah seperti saya, kota Jakarta dengan polusi yang tinggi, kemacetan yang luar biasa, dll, Jakarta bukan kota yang layak untuk ditinggali.

Namun seiring berjalannya waktu, hidup di Jakarta memang memiliki kelebihan dibanding kota lain. Di samping itu, tinggal di Jakarta tanpa memiliki KTP Jakarta agak riskan dan agak merepotkan. Misalnya kalau beli kendaraan gabisa beli di sini jika masih berKTP daerah karena STNK dan BPKB kan harus berdasarkan KTP.

Akhirnya Akang memutuskan untuk pindah KTP dari daerah dan membuat KTP Jakarta. Mungkin sudah banyak yang membahas mengenai pembuatan KTP Jakarta di internet. Awalnya, saya juga dapat googling, namun ternyata pengalaman orang berbeda2. Ya agak aneh ya, bikin dokumen yang sama tapi perlakuan berbeda2. Tapi yaaaa itulah Indonesia.

Dulu, berdasarkan pengalaman orang2 di internet, pembuatan KTP Jakarta memang TIDAK SEMUDAH kalau bikin KTP di daerah. Maklum, katanya karena untuk mencegah pendatang yang tidak jelas maka pembuatan KTP di Jakarta sangat ketat. Syarat2 yang dirasakan berat waktu itu adalah

1. Harus bikin Surat Keterangan Baik alias Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
- Persyaratan ini dirasa sangat berat bagi saya, bukan karena saya pernah berurusan dengan hukum lho, hehehe, tapi karena pembuatan SKCK itu tidak bisa diwakilkan, dan prosesnya juga tidak mudah. Proses mulai dari RT, RW, Kecamatan, Polsek, baru ke Polres, tentu akan menyita waktu, sementara saya tidak mungkin minta ijin lama2 ke kantor.

2. Pemohon KTP harus menunggu 6 bulan dari pengajuan, jika kurang dari itu maka dirasa belum layak disebut penghuni Jakarta, ini sesuai Perda yang dikeluarkan Gubernur terdahulu memang begitu. Ini juga memberatkan, menunggu setengah tahun adalah penantian yang melelahkan, seperti orang yg ngebet mau pengantenan tp sm mertua disuruh tunda segitu lama hahaha

2 hal di atas itulah yang membuat Akang malas  bikin KTP Jakarta.

Namun karena terdesak kondisi, maka kemarin2 itu akhirnya bertekad untuk mengajukan saja pembuatan KTP Jakarta. Dan ternyata 2 hal di atas itu SUDAH TIDAK DIPERLUKAN LAGI!!!!

Jadi, singkat cerita, inilah proses pindah KTP dari daerah ke DKI Jakarta, dalam hal ini saya pindah KTP dari kabupaten Garut Jawa Barat ke Lenteng Agung Jakarta Selatan

A. Proses di daerah asal

  1. Datang ke kelurahan dan memberitahukan bahwa akan mengajukan pindah. Biasanya akan diminta informasi daerah tujuan : alamat, rt /rw, kabupaten/kota. & provinsi yang dituju
  2. Datang ke Dinas Kependudukan & minta dibuatkan surat pindah. Surat pindah ini dikeluarkan dari Dinas Kependudukan Kabupaten. Utk yg ini, karena sibuk, Akang minta bantuan orang kelurahan untuk mengurusnya sehingga keluar surat pindah sekaligus dikirimkan berkas2 kependudukan kita untuk nanti diserahkan ke daerah tujuan. Biaya gratis! Saya cuma ganti ongkos yg ngurus kasian lah dan hitung2 saya bolak balik Garut-Jakarta, jadi saya kasih ganti BBM Rp 150 ribu. Dan adik saya mengirimkan berkas2 itu lewat TIKI ke Jakarta



B, Proses di daerah tujuan (Lenteng Agung)
1. Menemui RT untuk dibuatkan surat pengantar dari RT dan RW. Biaya gratis!
2. Datang ke Kelurahan Lenteng Agung dengan membawa berkas2:

  • Fotocopy KTP dan KK yg lama
  • Surat Pengantar RT/RW
  • Surat Pindah dari daerah asal
  • Berkas kependudukan dari daerah asal (berkas yang dimaksud adalah lembaran data diri saya, istri, dan anak saya. Jadi masing2 kita itu ada datanya lho di kependudukan, berupa lembaran yg ada NIK)
  • Fotocopy KTP/KK TETANGGA! Ini lho yg kemarin tidak dicantumkan di syarat2 yg dipajang di tembok kelurahan, tapi ternyata memang dibutuhkan. Tujuannya logis sih, bahwa kehadiran kita utk tinggal di daerah itu diketahui / dikenali oleh tetangga

Jangan lupa berkas2 di atas difotokopi rangkap 2. 1 untuk kita 1 lagi untuk diserahkan ke Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Jakarta Selatan

3. Kita disuruh datang ke Dukcapil untuk menyerahkan berkas-berkas di point 2. Di Dukcapil ini data2 saya dimasukkan ke data mereka. Kantor Dukcapil Jakarta Selatan ada di Jl.Radio Dalam V Jakarta Selatan. Di Dukcapil tidak lama kok, dan sudah pake sistem antrian dengan komputer seperti layaknya di bank. Begitu dipanggil, saya serahkan 1 bundel berkas. Dan di 1 bundel copiannya, akan dicantumkan tanggal berapa saya harus ke kelurahan Lenteng Agung. Waktu itu saya dijadwalkan 2 minggu kemudian untuk datang kembali ke kelurahan untuk diambil fotonya sekaligus sidik jari.

4. Dua minggu setelah penyerahan berkas, saya datang ke kelurahan, dan dilakukan pengambilan foto, tandatangan, dan cap jari. Dan saya diberikan 2 lembar, salah satu di antaranya adalah lembar permintaan pencetakan KTP.

5, Tinggal pencetakan KTP, kalau mau ngambil di kelurahan, maka diminta menunggu 3 minggu karena kelurahan akan mengajukan pencetakan berbarengan dengan orang lain. Tapi kalau mau cepat, bisa langsung datang ke kantor Walikota Jakarta Selatan. Bisa langsung jadi hanya dalam 1 hari yang penting mau ngantri

6. Krn saya tidak punya waktu ke Walikota, akhirnya nunggu dari kelurahan saja. Dan Alhamdulillah, sudah kelar, KTPnya langsung elektronik! dan SEUMUR HIDUP! Pembuatan KTP GRATIS!

Begitulah kira2 proses pembuatan KTP yang saya alami. Agak ribet ya? yaaaa,.... gmn ya, ya begitu memang. Tapi saya merasa, sudah jauh lebih dipermudah daripada dulu. Kalau mau bikin KTP Jakarta Selatan jangan pake calo2an, mengurus sendiri lebih baik karena kita jadi yakin bahwa KTP yang kita peroleh bukan KTP aspal.

Mudah2an artikel ini bermanfaat....

50 komentar:

  1. Saya berniat ingin pindah KTP DKI, tapi menurut orang yang biasa ngurus berkas2nya, harus ada SKCK dari daerah asal untuk keperluan data di sudin katanya. Saya benar2 malas mengurusnya, selain ribet, saya jg tidak bisa meninggalkan anak batita saya lama2. Mohon pencerahan Bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu sy mengurus di kelurahan Lenteng Agung, SKCK sama sekali TIDAK DIPERLUKAN. Ada baiknya langsung datang ke kelurahan setempat saja, jangan terlalu percaya pada omongan orang atau informasi di internet yang seringkali salah.
      Jika petugas kelurahan mempersulit, laporkan saja lewat situs LAPOR.GO.ID atau lewat aplikasi QLUE

      Hapus
    2. Iya bener saya baru kemRin mengurus dikelurahan cengkareng timur tdk ad diminta SKCK

      Hapus
    3. @ Vera Zakaria : terimakasih sudah berbagi, semoga bermanfaat bagi yang memerlukan informasi

      Hapus
  2. Saya juga sedang proses membuat KTP DKI, tp g bisa karna syaratnya kurang SKCK. Kalau boleh tau mas Ferry bikin KTP nya bulan apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bikin bulan Januari. SKCK tidak diperlukan lagi, kecuali mungkin petugas setempat perlu keyakinan bahwa pemohon datang ke Jakarta memiliki keahlian, bukan orang yang tidak jelas yg rawan menimbulkan kejahatan. Ada kabar baik bagi yang masih kesulitan bikin KTP, saat ini sedang ada program percepatan e-KTP, syarat2nya makin dipermudah kok, bahkan tidak perlu lapor RT, langsung saja datang ke kelurahan. Jika ada petugas mempersulit, laporkan saja lewat situs LAPOR.GO.ID atau lewat aplikasi QLUE. Pengalaman dari bbrp org yg saya kenal, setelah dilaporkan, ada tindak lanjut yang cukup cepat. Silahkan dicoba, jika sudah ada hasilnya, mohon share juga di sini karena pasti banyak orang yang perlu informasi ttg hal tsb, insyaallah jadi pahala.

      Hapus
  3. Saya kebetulan dalam proses pembuatan KTP DKI juga. Beberapa Minggu yang lalu (September 2016), saya menanyakan syarat2 untuk mengurus KTP DKI ke kelurahan (Kebonbaru) dan kecamatan (Tebet), dan jawabannya pun sama, salah satu syaratnya harus ada SKCK dari daerah asal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba datang saja langsung ke DisDukCapil di wilayah bersangkutan, karena ketentuan kependudukan ada di sana. Jika tidak ada waktu, coba tulis di Lapor.go.id ttg permasalahan tersebut, nanti biasanya akan direspon langsung oleh Dinas Kependudukan terkadang langsung ditangani scr khusus oleh petugas jika mendapat kendala syarat2 yang tidak semestinya

      Hapus
  4. Selamat siang. Kaang kalo saya buat KTP Jakarta, apakah saya bisa? Saya masih lajang dan tinggal sendiri? sebenarnya sih ada tante saya hanya saja kami berbeda kota. Saya di Jakarta Barat. Beliau di Jakarta Timur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih lajang bisa mendapat KTP Jakarta asal ada keluarga yg mau menampung nama Mas Bro tercatat masuk ke Kartu Keluarga. Nah masalahnya, tdk banyak org yg ikhlas KK nya memasukkan org lain, jadi menurut sy, tentu akan lebih mudah meminta Tante agar memasukkan Mas Bro ke Kartu Keluarga-nya. Tdk apa2 punya KTP Jakarta Timur terlebih dahulu, nanti klo sdh betul2 menetap, baru pindah KTP lagi. Pindah KTP dalam provinsi yg sama tentunya akan lebih mudah ketimbang pindah KTP beda provinsi

      Hapus
  5. hi semua, sy jg lagi urus kk n ektp DKI Jakarta, nanti jika sudah beres akan sy share ya (sy bikin di jakbar).

    rgds,

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke, ditunggu share-nya, krn pasti banyak orang yang perlu informasi tsb

      Hapus
  6. Selamat mlm menjelang pagi akang ferry maaf mengganggu saya mau bertanya saya dr daerah jawa tengah,trs saya mau pindah ke dki tempat,a di jakarta utara tanjung priuk nah saya mau bikin ktp atau ektp dan kk tapi saya ktp daerah,a ilang trs saya tidak minta surat ke hilangan dr ke polisian malah saya ngurus surat pindah dr kampung trs alhamdulilah surat pindah,a dah dapat dr sudin langsung,trs kang ferry saya dah nikah sama orang priuk nah sebelum ningkah ktp daerah saya masih ada setelah meningkah berapa thn ilang karna saya orang,a belum sepet ngurus pindahan nah ni saya br mau proses,tapi isteri saya sudah punya kk dki yg saya mau tau apakah saya bs masuk kk isteri saya trs bs bikin ktp dki sedangkan saya cuman punya surat pindah ga punya ktp daerah kira,kira bagai mn kang ferry mohon saran,a dan info,a terima kasih balaz ya kang feery

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru saya balas, klo sdh dapat surat pindah, minta berkas kependudukan ke daerah asal. Berkas kependudukan itu bentuknya selembar kertas seukuran kira2 A4 berisi detail data diri kita dan ada NIK nya, NIK ini ga berubah2 krn mrp nomor unik identitas kita. Menurut saya biar tdk proses berbelit sekedar jaga2, mending datangi polsek dan buat surat kehilangan, jmn skr kan gratis. Krn pada saat ngajukan KTP baru, KTP lamanya diminta, jd pada saat petugas minta, kita sdh siap dg surat kehilangan itu. Pada intinya, jika mas bro sdh berniat tinggal lama di Jakarta, apalagi sdh nikah dg org jakarta, sebaiknya segera punya KTP Jakarta. TIDAK SUSAH KOK, yg penting kita mau memulai

      Hapus
  7. Mas bro klau saya tinggal sendirian di jakarta mau bikin ktp DKI bisa gak ? Gk ada keluarga sendirian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Mas Bro pendatang, harus ada penanggung jawab, artinya ada org mau memasukkan kita ke kartu keluarga mereka. Tp coba datangi RT / RW setempat utk mendapatkan solusi, krn kadang2 tergantung kebaikan aparat setempatnya

      Hapus
  8. Met mlm kang ferry sy pndatang dr singkawang ke DKI duda 2 anak! ktp n skck lg trbelit dlm pngurus am calo biaya 1juta apa benar tanpa skck bisa buat ktp n kk DKI n biaya skck antar propinsi emank harga sekian kah?mohon pnjelasan,sebelum trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi. Maaf baru terbaca, harga dari calo mmg seenaknya mereka saja. Biaya pengurusan KTP gratis, sedangkan pembuatan SKCK itu biayanya ada aturannya, sesuai aturan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang kisarannya hanya puluhan ribu saja kok.
      Saran saya, coba diurus sendiri saja, jangan pake calo

      Hapus
  9. Malam mas bro. Saya sudah punya SKP dari kota tangerang. Dan akan pindah kerumah keluarga di kec.kembangan jakbar. Pertanyaan saya apakah saya buat kk baru atau nebeng kk? Setelah dri rt rw tempat baru kan harus ke kelurahan. Setelah dri kelurahan Apakah langsung ke dukcapil jakbar atau ke kecamatan terlebih dahulu? Apakah pengurusan bisa 1 hari dri kelurahan ampe dukcapil?mengingat kerja, bisa di wakilkan kah? Terimakaish. Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru terbaca, jika pindahnya satu keluarga, mending bikin KK baru. Setahu saya, sejak adanya kemudahan bikin KTP jakarta, sdh tdk perlu RT RW lagi, langsung saja ke kelurahan. Kalau memasukkan berkas ke kelurahan/Dukcapil bisa diwakilkan.Tp nanti setelah ada panggilan utk foto, harus datang sendiri. Karena pengambilan foto ga bisa diwakilkan

      Hapus
  10. Halo mas Bro dan mbak Bro, tadi siang aku barusan mengurus pindah KK dari Tangerang Selatan (Banten) ke Jakarta (DKI) Kelurahan Kramat Pela, dibilang oleh petugas bahwa sekarang tidak perlu lagi persyaratan SKCK, selain itu sekarang tidak perlu mengurus sampai ke Sudin Kependudukan segala, cukup melalui Kelurahan saja sudah beres. Begicuu...!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manntaapp!! Terimakasih telah berbagi, semoga bermanfaat bagi yg memerlukan, dan menjadi pahala bagi yg membagikan

      Hapus
    2. Mas sariman, brp lama mas pengurusannya dri penyerahan berkas ke kelurahan smpai bisa cetak kk??

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. Hallo kang saya sekarang ini ada rencana mau pindah ke dki tapi saya hanya berdua dengan anak saya (akang ngertikan maksudnya) itu bisa ga kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, kalau di DKI rumah sendiri, tinggal ikuti petunjuk di atas.
      Tapi jika di Jakarta tdk memiliki rumah sendiri, harus ada org yg punya KK DKI yg mau menampung (penanggung jawab)

      Hapus
  13. Kang saya mau tanya, saya mau bikin e-ktp jakarta, tapi ktp saya masih ktp kabupaten lama, sedangkan orang tua saya sudah pindah ke kabupaten yg baru, jadi apakah saya harus buat surat keterangan pindah di kabupaten yg lama atau yg baru ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, surat pindah diterbitkan oleh Dinas Kependudukan Kabupaten/Kota tempat Mas Bro terdaftar sbg penduduknya. Jika masih terdaftar di kab yg lama, ya harus ke kabupaten yg lama, tp jika waktu itu dipindah bersamaan dengan pindahnya orang tua, berarti harus diterbitkan oleh Dinas Kependudukan di kab. yang baru. Krn itu, utk memastikan, coba datangi kelurahan/desa atau bisa langsung tanya ke Dinas Kependudukan di kabupaten / kota tempat Mas Bro tinggal sekarang untuk permintaan surat pindah.

      Hapus
  14. Assalamu'alaikum?
    kang ferry saya mau tanya, saya mau buat ktp jakarta, saya tinggal sendiri dijakarta, saya mau buat ktp dengan menumpang pada Surat KK Boss saya. apakah bisa kang?
    hatur nuhun kang, mohon jawabannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam wr rb.
      Selama ada penduduk Jakarta yg mau menampung di Kartu Keluarganya maka BISA memiliki KTP. Beruntung jika Kang Bro punya Bos yg mau menampung, jarang2 lho. Silahkan saja datang ke kelurahan, nanti mereka akan memberitahu apa saja yg diperlukan.

      Hapus
  15. Mohon pencerahan nya kang.. saya sedang urus perpindahan dari depok ke jaktim.. dengan kondisi blm ada KK karena sekalian mau buat KK sendiri ( selama ini masih ikut KK orang tua di depok ).. apakah bisa proses ktp ny ? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayangnya saya tidak tahu kalau KK benar2 blm ada, coba dicari info ke kelurahan di Jakarta Timur tempat nanti akan bermukim, harus seperti apa jika kondisinya spt itu

      Hapus
  16. kalau udah beli rumah di jakarta, tapi status lajang apakah tetap harus pake kk orang jakarta klo mau bikin ktp ( maksudnya pindah ktp )makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas, langsung saja ke kelurahan, kemungkinan hanya akan diminta fotocopy KTP & KK tetangga sbg bukti bahwa benar pemohon adalah bertempat tinggal di sekitar tetangga tersebut, tdk perlu ada di KK penduduk Jakarta.

      Hapus
  17. Salam. Terimakasih sebelumnya akang untuk share nya. saya sedang proses pindah dari Bekasi ke Jakarta Selatan pasar minggu, sekeluarga. Berikut yang diminta oleh pak RT nya Utk kepindahan ke jakarta, berkas2 yg harus disiapkan adalah surat pengantar rt/rw setempat, surat pindah daerah asal, akte kelahiran anggota keluarga yg pindah (kalau tdk ada bisa menggunakan ijazah), dan KK penjamin di tempat yg dituju. Saat ini saya lagi mengusahakan KK penjamin. semoga pak tetangga berkenan dan lancar sampai dapat KTP/KK Jakarta. Mudah mudahan bila sudah selesai saya dapat sharing pengalaman di blogspot akang. Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam. Terimakasih atas sharingnya, insyaallah jd manfaat bagi org2 yg memerlukan informasi. Sy doakan semoga prosesnya lancar, ditunggu sharing berikutnya ya... terimakasih

      Hapus
  18. Selamat sore.. Saya mau tanya. Saya mau pindah ktp ke rmh om saya. Ktp saya yg dulu masih alamat exs mertua saya. Singkat cerita. Pas sya mau minta srt pindah ternyata tidak bisa. Karna mrk bilang saya udh bukan warga sana lg. Pada saat exs suami saya mengganti nama saya dengan istri barunya saya tidak di beri tahu.dan saya pun tidak di buatan kk lg...alhasil sampai skrg saya gak punya ktp dan kk. Tolong sarannya. Bagaimana cara buat kk dan ktp tanpa surat pindah. Dan tidak di persulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slmt sore juga. Coba datangi ke Dinas Kependudukan di Kabupaten/Kota setempat, cari tau sebenarnya Anda terdaftar di daerah mana. Setelah tahu daerahnya, datangi Dinas Kependudukan di Kabupaten/Kota tempat KTP terakhirnya terdaftar utk minta surat pindah

      Hapus
  19. Saya sudah bbrp x minta surat pindah mas. Tp pihak kelurahan bilang klo saya udh bukan warga sana lagi... Aneh. Knp di persulit yah. Saya udh jelaskan klo saya tidak pernah dpt srt pindah dr pihak mana pun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba langsung ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dinas Dukcapil), krn seluruh data kependudukan di kota/kabupaten adanya di dinas tsb. Jika di Dinas Dukcapil datanya jg tdk ada, minta arahan harus berbuat apa ke Dinas tsb.

      Hapus
  20. Bang klo mau buat ktp jakarta, sdngkan sy dr cilacap bisa gak buat ktp jakarta.. Nah ktp sy yg dr kampung ilang gmn tuh bang biar bisa buat ktp jakarta? Apa hrus ngurus surat pindah dr kampung dl

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran sy ganti dulu KTP yang hilang dg yg baru, kmd bikin surat pindah dari Dinas Dukcapil Cilacap baru kmd bikin KTP Jakarta dg langkah2 yg diterangkan di atas

      Hapus
  21. Malam akang mohon info nya.
    Saya dari Bekasi mau pindah ktp Jakarta Timur. Saya ada beberapa pertanyaan :
    1. Penyataan akang tadi kan datang ke kelurahan asal lalu diminta surat pengajuan pindah,nah sebelum ke kelurahan apa harus minta surat keterangan RT/RW dulu kang??
    2. Selain ktp apa KK juga bisa dipindah kan??
    Mohon info nya, terima Kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam.
      1. Ada daerah yg mengharuskan surat keterangan RT/RW ada jg yg tidak, kadang kebijakan suka beda2. Coba ditanyakan ke kelurahan setempat kalau di sana seperti apa
      2. KTP pindah tentu KK jg pindah. Pada saat pengajuan KTP di tempat baru, langsung saja dengan penerbitan KK baru, spy tdk 2 kali proses
      Demikian semoga membantu

      Hapus
  22. Siang mas,maaf saya mau tanya barangkali ada yang tahu tentang apa yang mau saya tanyakan.
    Jadi,saya kan ngontrak atau tinggal di rempoa,tangerang selatan sedangkan KK dan KTP saya msh daerah,tapi saya inginnya bikin KK dan KTP Jaksel.Yg mau sya tanyakan,apakah bisa klu saya bikin KK dan KTP DKI jaksel sedangkan sya tinggalnya di tangsel?
    Terima ksh sebelumnya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siang juga. KTP itu harus jelas domisilinya, sesuai namanya Kartu TANDA PENDUDUK, artinya yang punya kartu itu tercatat sebagai penduduk di tempat tersebut, jika Anda tidak pernah tinggal di Jakarta lalu mau bikin KTP Jakarta itu termasuk kategori manipulasi.

      Kalau Anda mengontrak rumah di Jakarta, Anda masih dimungkinkan memiliki KTP Jakarta, selama proses administrasinya dilalui, salah satunya pada saat mengurus KTP itu diminta fotokopi KTP / KK tetangga terdekat atau keluarga penduduk setempat yang bersedia jadi penanggung jawab.

      Hapus
  23. Mas, mohon mohon sarannya, saya baru beli runah di jkt, tapi saya mau balik nama lgsg, tapi ktp asal saya masi di kalimantan, apa yg harus sy lakukan biar sy bs balik nama atas saya, dan punya ktp dan kk jakarta? Tks

    BalasHapus
  24. Akang ferry sya mw tanya ktp sm kk sya kn tangerang trs sya mau pindh ke dki tapi motor sya msh kredit.ngmbil mtrnya pke ktp tangerng.yg sya mau tanyakan apkh mtr yg msh kredit bisa di ganti stnk/bpkbny ke dki jkrta.sya mhon pnjelasanny

    BalasHapus
  25. Selamat pagi kang ferry saya mau tanya kalo mau bikin ktp jkt dan kk jakarta apa dgn surat pindah cukup untyk buat ktp jkt ,,,atau ada syarat yg lain kang mohon bantuany ,,,

    BalasHapus
  26. Akang ferry mau tanya, itu untuk pengaktifan nik di disduk capil atau di kelurahan ya? Sya sudah menyerahkan berkas pindah datang dr jwa barat ke lenteng agung sudah hampir mau 3 minggu tpi masih belum bisa cetak kk dikarnakan niknya belum aktif dan butuh waktu untuk mengaktifkan nik, tpi arahan dr kelurahan tidak perlu ke disduk capil hanya sampai di kelurahan sja.

    BalasHapus